Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Subject "HASIL BELAJAR"
Now showing items 1-20 of 38
-
Meningkatkan Hasil Belajar Bercerita Melalui Media Boneka Tangan
(UNEJ, 2014)Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuhmencek 01 Sukorambi Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar bercerita siswa kelas II melalui media boneka tangan. Hal ini dikarenakan di SDN Dukuhmencek 01 ... -
Penerapan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) Dengan
(UNEJ, 2014)Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidik masih menggunakan ceramah sebagai satu-satunya metode yang mendominasi dalam pembelajaran sejarah. Peserta didik dalam pembelajaran sejarah hanya pasif ... -
Penerapan Media Video untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Tema Permainan Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah Uang pada Siswa Kelas III SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang
(UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari ... -
Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Garis Bilangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di SDN Mranggon Lawang 1 Kabupaten Probolinggo
(UNEJ, 2014)Hasil observasi yang dilakukan didapatkan data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Mranggon Lawang 1 masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat diatasi dengan penelitian tindakan kelas melalui ... -
Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Tamanan 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menerapkan metode inkuiri. Permasalahan yang menjadi latar belakang ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
(UNEJ, 2015)Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Dengan Penilaian Diri Untuk Meningkatkan
(UNEJ, 2015)Pembelajaran sejarah yang baik adalah pemebelajaran sejarah yang mampu menumbuhkan kemampuan peserta didik melakukan konstruksi kondisi masa sekarang dengan mengkaitkannya dengan masa lalu yang menjadi basis topik pembahasan ... -
Penerapan Metode Pembelajaran InquiryTerbimbing
(UNEJ, 2014)Perubahan dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah dalam pembelajaran, dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik ... -
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBER
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam ... -
Penerapan Model Brain Based Learning Untuk Meningkatkan
(UNEJ, 2015)Kualitas seperti berpikir kronologis, pemahaman sejarah, kemampuan analisis dan penafsiran sejarah, kemampuan penelitian sejarah, kemampuan analisis isu dan pengambilan keputusan (historical issues-analysis and decision ... -
Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Kelas V di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI
(UNEJ, 2014)Aktivitas belajar siswa tidak selamanya berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan, terkadang cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang sulit untuk memahami. Dalam hal motivasi pun terkadang tinggi dan terkadang ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Untukl Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 MA NU Islamiah Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Pembelajaran kooperatif menjadi salah satu model pembelajaran yang selalu disarankan oleh hampir semua peneliti pedagogis. Tutor sebaya dapat membantu mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa. Belajar bersama teman ... -
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan model Learning Cycle 5E dengan metode pemberian tugas dan resitasi. Jenis penelitian ini adalah ... -
Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) 5E Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas X5 SMA N 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Keputusan Bersama di SDN Umbulrejo 01 Jember
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Umbulrejo 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran Word Square agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok ... -
Penerapan Pendekatan Deep Dialogue Critical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kkritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA NEGERI 5 JEMBER Tahun Ajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Pembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam pembentukan kognisi, sikap, dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu implementasi pembelajaran diharapkan memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengambil makna ... -
Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil
(UNEJ, 2015)Tujuan pembelajaran sejarah yaitu peserta didik dapat berpikir sistematis dan runtut atas peristiwa masa lampau. Faktanya peserta didik cenderung pasif, kemampuan berpikir kritis kurang sehingga hasil belajar rendah. ...