Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Subject "HASIL BELAJAR"
Now showing items 21-38 of 38
-
Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment
(UNEJ, 2015)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang ... -
Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah
(UNEJ, 2015)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang menjadi ... -
Pengaruh Contextual Teaching and Learning melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember
(UNEJ, 2013)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir ... -
Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Yang Mendorong Siswa Untuk Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi pada Siswa Kelas XI IPS MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2012/2013
(UNEJ, 2013)Artikel ini diangkat dari penelitian yang berjudul pengaruh faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran ... -
PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP MENTAL WIRASWASTA
(UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap sikap mental wiraswasta Siswa kelas X SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind
(UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri ... -
Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di SDN Sumberejo 03 Ambulu-Jember
(UNEJ, 2015)Model cooperative learning tipe STAD dibentuk kelompok di mana satu sama lain akan saling membatu untuk menguasai materi yang diberikan oleh guru. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menciptakan ... -
Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi
(UNEJ, 2015)Pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan, tidak selalu menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Model Quantum Learning merupakan ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan VAK (Visualization Auditori Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD Negerin Puger Kulon 01 Jember
(UNEJ, 2015)Peran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim ... -
Pengaruh Perbedaan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri dan Eksperimen Berbasis Verifikasi dalam Praktikum Terhadap
(UNEJ, 2014)Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh, Banyuwangi. Objek penelitian ini adalah perbedaan pengaruh metode eksperimen berbasis ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Ekologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember
(UNEJ, 2014)Pendekatan saintifik merupakan suatu mekanisme untuk mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas ... -
Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jumerto 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan lingkungan alam dan buatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi pada Studi Mata Pelajaran Ekonomi Di Kejar Paket C UPTD SKB Bondowoso Tahun 2013
(UNEJ, 2013)Penelitian ini membahas penerapan metode demonstrasi pada studi pelajaran Ekonomi di kejar paket C UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso Tahun 2013. Dengan penerapan metode demonstrasi, warga beajar dapat lebih aktif ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
(UNEJ, 2014)Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Antirogo 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas Melalui Metode Penemuan Terbimbing
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Kokap 02 Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok
(UNEJ, 2015)Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan metode eksperimen untuk ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder Kelas X SOS SMA Negeri 1 Maron Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015
(UNEJ, 2015)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ...