Show simple item record

dc.contributor.authorRica Ayu Bairusi
dc.date.accessioned2014-11-03T03:44:06Z
dc.date.available2014-11-03T03:44:06Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM090210102081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59900
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Desain penelitian menggunakan Randomized Subjects Posttest Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, tabel aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan tabel motivasi belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan hasil belajar IPA-Fisika siswa dengan menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif dan dengan model pembelajaran langsung, dan hasil analisis aktivitas belajar siswa diperoleh data aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 81,79%, serta hasil analisis motivasi belajar siswa diperoleh data motivasi belajar siswa sebesar 77,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA-Fisika siswa dengan penerapan model inquiry training dengan setting kooperatif dan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2013/2014, (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif berada dalam katagori sangat aktif, dan (3) motivasi belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif berada dalam kategori termotivasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102081;
dc.subjectModel Inquiry Training, Setting, IPA-Fisikaen_US
dc.titleMODEL INQUIRY TRAINING DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record