• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL INQUIRY TRAINING DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Rica Ayu Bairusi - 090210102081_1.pdf (66.12Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Rica Ayu Bairusi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Desain penelitian menggunakan Randomized Subjects Posttest Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, tabel aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan tabel motivasi belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan hasil belajar IPA-Fisika siswa dengan menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif dan dengan model pembelajaran langsung, dan hasil analisis aktivitas belajar siswa diperoleh data aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 81,79%, serta hasil analisis motivasi belajar siswa diperoleh data motivasi belajar siswa sebesar 77,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA-Fisika siswa dengan penerapan model inquiry training dengan setting kooperatif dan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2013/2014, (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif berada dalam katagori sangat aktif, dan (3) motivasi belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inquiry training dengan setting kooperatif berada dalam kategori termotivasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59900
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository