Show simple item record

dc.contributor.authorARI DWI HANDRIAN
dc.date.accessioned2014-11-03T03:26:53Z
dc.date.available2014-11-03T03:26:53Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM090210102016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59893
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambulu. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample T-test) untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk mendeskripsikan aktivitas belajar. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji hipotesis dua pihak (two tail test). Hasil analisis uji t-test dengan signifikansi 5%, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.009 ≤ 0.05 maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu dan menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) pada pembelajaran fisika. Hasil analisis data aktivitas, diperoleh persentase aktivitas pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 78,49%, 79,61%, dan 81,58% dengan nilai rata-rata sebesar 79,89% sehingga termasuk kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu dan menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) pada pembelajaran fisika di SMA, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu pada pembelajaran fisika dapat digolongkan dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102016;
dc.subjectModel Problem Based Learning, Wacana Isu, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALISIS WACANA ISU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record