• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALISIS WACANA ISU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ari Dwi Handrian - 090210102016_1.pdf (115.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    ARI DWI HANDRIAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambulu. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample T-test) untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk mendeskripsikan aktivitas belajar. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji hipotesis dua pihak (two tail test). Hasil analisis uji t-test dengan signifikansi 5%, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.009 ≤ 0.05 maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu dan menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) pada pembelajaran fisika. Hasil analisis data aktivitas, diperoleh persentase aktivitas pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 78,49%, 79,61%, dan 81,58% dengan nilai rata-rata sebesar 79,89% sehingga termasuk kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu dan menggunakan model pembelajaran direct instruction (konvensional) pada pembelajaran fisika di SMA, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan analisis wacana isu pada pembelajaran fisika dapat digolongkan dalam kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59893
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13105]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta