PENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI IPA (FISIKA) DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 7 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar IPA (fisika) siswa dengan model
Quantum Learning disrtai Metode Eksperimen pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri
7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek
penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Jember dengan jumlah siswa 42 orang.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi,
observasi, dan tes.
Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan
adanya peningkatan kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar dari
kegiatan pra-siklus hingga kegiatan siklus 2. Peningkatan kemampuan
multirepresentasi IPA (fisika) pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain rata-rata
sebesar 0,345 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar
0,450 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan ketuntasan
hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,32 yang merupakan
kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,42 yang merupakan kategori
peningkatan sedang.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan
multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar IPA (fisika) siswa kelas VIII-A SMP
Negeri 7 Jember menggunakan model Quantum Learning dengan Metode
Eksperimen mengalami peningkatan.