Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Ikram Nugraha
dc.date.accessioned2014-11-03T00:40:06Z
dc.date.available2014-11-03T00:40:06Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59847
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Werkudara merupakan anak kedua dari pasangan Pandu dan Dewi Kunti. Pada waktu lahir Werkudara berbentuk bungkus dan hanya dapat dipecahkan oleh gajah sena. Werkudara memiliki tiga istri yaitu Dewi Nogogini, Dewi Arimbi, dan Dewi Urangayu. Werkudara juga memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sesuai dengan kurikulum 2013, guru diharapkan dapat memasukkan nilai-nilai karakter kepada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah sehingga pembelajaran sejarah dapat menyenangkan dan tidak membosannkan lagi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah karakter tokoh dalam pewayangan memiliki unsur filsafat dan pendidikan. Werkudara merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari Pandu dan Kunti. Lima bersaudara tersebut sering disebut sebagai Pandawa Lima yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan, Sadewa. Werkudara memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Perilaku dan sikap Werkudara banyak mengandung nilai-nilai pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik. Karakter pada diri Werkudara juga dapat di implementasikan kedalam pembelajaran disekolah khusunya pada pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang hendak penulis kemukakan adalah (1) Bagi mahasiswa calon guru sejarah, selain berusaha lebih mandalami dan menguasai materi sejarah akan lebih baik jika dapat menggali nilai-nilai yang ada pada kebudayaan khususnya wayang. (2) Bagi almamater, ada baiknya jika menambah dan meningkatkan perbendaharaan literatur sejarah dan kebudayaan di perpustakaan, khususnya buku tentang pewayangan agar dapat membantu mahasiswa dan sejarawan meningkatkan penelitian dan profesionalismenya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302071;
dc.subjectKarakter Tokoh Werkudara, Pembelajaran Sejarah, Wayangen_US
dc.titleIMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TOKOH WERKUDARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record