• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TOKOH WERKUDARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Ikram Nugraha - 100210302071_1.pdf (184.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Mohammad Ikram Nugraha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Werkudara merupakan anak kedua dari pasangan Pandu dan Dewi Kunti. Pada waktu lahir Werkudara berbentuk bungkus dan hanya dapat dipecahkan oleh gajah sena. Werkudara memiliki tiga istri yaitu Dewi Nogogini, Dewi Arimbi, dan Dewi Urangayu. Werkudara juga memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sesuai dengan kurikulum 2013, guru diharapkan dapat memasukkan nilai-nilai karakter kepada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah sehingga pembelajaran sejarah dapat menyenangkan dan tidak membosannkan lagi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah karakter tokoh dalam pewayangan memiliki unsur filsafat dan pendidikan. Werkudara merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari Pandu dan Kunti. Lima bersaudara tersebut sering disebut sebagai Pandawa Lima yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan, Sadewa. Werkudara memiliki karakter Jujur, Adil, Cinta Damai, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Perilaku dan sikap Werkudara banyak mengandung nilai-nilai pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik. Karakter pada diri Werkudara juga dapat di implementasikan kedalam pembelajaran disekolah khusunya pada pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang hendak penulis kemukakan adalah (1) Bagi mahasiswa calon guru sejarah, selain berusaha lebih mandalami dan menguasai materi sejarah akan lebih baik jika dapat menggali nilai-nilai yang ada pada kebudayaan khususnya wayang. (2) Bagi almamater, ada baiknya jika menambah dan meningkatkan perbendaharaan literatur sejarah dan kebudayaan di perpustakaan, khususnya buku tentang pewayangan agar dapat membantu mahasiswa dan sejarawan meningkatkan penelitian dan profesionalismenya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59847
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository