• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN KALIWATES 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Gaberila Dewi K. - 100210204088_1.pdf (70.17Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    GABERILA DEWI K.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian yang dipilih yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kaliwates 02 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 31 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan adalah model siklus Hopkins yaitu penelitian tindakan kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel yang ada dalam penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dikelas V SDN Kaliwates 02 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari perbandingan skor aktivitas belajar siswa antara pra siklus, siklus I, dan siklus II. Skor aktivitas pada prasiklus sebesar 48,38 dengan kriteria cukup aktif meningkat pada siklus I sebesar 63,62 dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus II sebesar 81,18 dengan kriteria sangat aktif. Selain itu juga terjadi peningkatan skor hasil belajar siswa. Skor hasil belajar siswa saat prasiklus sebesar 66,67 dengan kriteria cukup baik meningkat menjadi 79,33 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 87,63 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) membutuhkan manajemen waktu yang baik serta dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59795
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository