PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN KALIWATES 02 JEMBER
Abstract
Subjek penelitian yang dipilih yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kaliwates
02 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 31 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur
penelitian yang digunakan adalah model siklus Hopkins yaitu penelitian tindakan
kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel yang ada dalam penelitian yaitu
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), aktivitas
belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
dikelas V SDN Kaliwates 02 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari
perbandingan skor aktivitas belajar siswa antara pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Skor aktivitas pada prasiklus sebesar 48,38 dengan kriteria cukup aktif meningkat
pada siklus I sebesar 63,62 dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus II
sebesar 81,18 dengan kriteria sangat aktif. Selain itu juga terjadi peningkatan skor
hasil belajar siswa. Skor hasil belajar siswa saat prasiklus sebesar 66,67 dengan
kriteria cukup baik meningkat menjadi 79,33 dengan kriteria baik pada siklus I
dan meningkat kembali menjadi 87,63 dengan kriteria sangat baik pada siklus II.
Saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) membutuhkan manajemen waktu yang baik serta dapat
menjadi alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.