AKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFICIENT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG LISTED DI BEI)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi
Earnings Response Coefficient. Analisis yang dilakukan adalah regresi liniear
berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari Uji
Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi.
Melalui analisis regresi liniear berganda diketahui bahwa variabel Alokasi
Pajak antar Periode, Persistensi Laba Akuntansi, Pertumbuhan Laba Akuntansi,
Struktur Modal, Besaran Perusahaan, dan Resiko Sistematis tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Earnings Response Coefficient. Hal ini ditunjukkan oleh
nilai tingkat signifikansi masing- masing variabel yang lebih kecil dari 0.05.
Sedangkan apabila menggunakan nilai tingkat signifikasi sebesar 0,1, maka terdapat
satu variabel yang berpengaruh yaitu Persistensi Laba Akuntansi. Namun dalam hal
ini, Uji Asumsi Klasik tidak berfungsi karena terdapat gangguan variabel.
Nilai R square yang dihasilkan adalah 0,206 yang artinya perubahan variabel
kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel komitmen organisasi, motivasi dan
kepuasan kerja sebesar 20,6% dan sisanya sebesar 79,4% dipengaruhi oleh variabel
lain diluar variabel yang diteliti.