• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KELOMPOK KEJAR PAKET C DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Bofikin Dwi Ramadany KA.pdf (474.5Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Bofikin Dwi Ramadany KA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Suatu modul adalah suatu paket pengajaran yang memuat satu konsep bahan pelajaran. Pengajaran modul merupakan sistem pengajaran individual yang memungkinkan peserta didik menguasai satu unit bahan pelajaran sebelum beralih ke unit bahan pelajaran selanjutnya.. Pembelajaran modul ini dapat diterapkan pada proses pembelajaran didalam kelompok belajar (kejar) paket C, karena peserta didik kelompok belajar paket C atau sering disebut warga belajar peket C yang kurang memiliki kesempatan dan keterbatasan jika dibandinkan dengan peserta didik di pendidikan formal, sistem pembelajaran modul lebih tepat diterapkan dalam pembelajaran kejar paket C. Dalam pengajaran modul dapat memberikan motivasi dan minat yang kuat pada diri warga belajar. Sehingga diharapkan dengan pengajaran sistem modul mampu meningkatkan motivasi belajar warga belajar paketC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak model pembelajaran modul terhadap motivasi belajar warga belajar kelompok kejar paket C Di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. . Daerah penelitian yang digunakan adalah di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso berdasarkan metode purposive. Subjek penelitian adalah warga belajar kejar paket C kelas x di Sanggar Kegiatan Belajar kabupaten Bondowoso yang telah memenuhi criteria dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarakan criteria. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian non eksperimental dengan tekhnik analisis data statistik deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pengguan modul dapat meningkatkan motivasi warga belajar
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5897
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13084]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • MENINGKATKAN AKTIVITAS AKTIVITAS MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BELAJAR BELAJAR BELAJAR BELAJAR AKTIVITAS BELAJAR FISIKA FISIKA BELAJAR FISIKA FISIKA DENGAN LEARNING LEARNING LEARNING BELAJAR DAN DENGAN DENGAN MODEL MODEL DENGAN MODEL TOGETHER TOGETHER LEARNING TOGETHER i DAN DAN KETUNTASAN KETUNTASAN DAN KETUNTASAN HASIL HASIL KETUNTASAN HASIL KOOPERATIF KOOPERATIF MODEL KOOPERATIF DISERTAI DISERTAI TOGETHER DISERTAI TUGAS TUGAS TUGAS PADA PADA TUGAS PADA TIPE TIPE KOOPERATIF TIPE PRESENTASI PRESENTASI DISERTAI PRESENTASI SISWA SISWA PADA SISWA KELAS KELAS SISWA KELAS PRESENTASI VII-F VII-F KELAS VII-F SMP NEGERI 3 TANGGUL 

      FITRI FITRI FITRI KIRNAWATI KIRNAWATI FITRI KIRNAWATI KIRNAWATI (2014-01-21)
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan ...
    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta