dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan dan tes akhir di setiap siklusnya.
Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II pada tanggal 29 Maret 2014 -
19 April 2014, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar
79,23% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus II meningkat
menjadi 82,28% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata kemampuan komunikasi
matematik siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa pada siklus I meningkat sebesar 0,63 dengan kategori
sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Pada
siklus I persentase keberhasilan mencapai 91,42%, terdapat 3 siswa yang memiliki
interpretasi peningkatan rendah. Pada siklus II persentase keberhasilan 100%, semua
siswa memiliki interpretasi minimal sedang. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh
kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership
ini mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa
kelas VIIC di SMP Negeri 2 Tanggul.
Strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dapat dijadikan
sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas. Terutama dalam membantu
siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dengan
meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa, salah satu manfaatnya yaitu
mereka dapat lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal yang
berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Selain itu, motivasi dari guru perlu
ditingkatkan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya
motivasi tersebut, siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan menyukai matematika. | en_US |