• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADASUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    ROBBY WAHYU DARMAWAN - 100210101011_1.pdf (290.6Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    Robby Wahyu Darmawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan tes akhir di setiap siklusnya. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II pada tanggal 29 Maret 2014 - 19 April 2014, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 79,23% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 82,28% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I meningkat sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Pada siklus I persentase keberhasilan mencapai 91,42%, terdapat 3 siswa yang memiliki interpretasi peningkatan rendah. Pada siklus II persentase keberhasilan 100%, semua siswa memiliki interpretasi minimal sedang. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership ini mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIIC di SMP Negeri 2 Tanggul. Strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas. Terutama dalam membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dengan meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa, salah satu manfaatnya yaitu mereka dapat lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Selain itu, motivasi dari guru perlu ditingkatkan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya motivasi tersebut, siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan menyukai matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58251
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15309]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository