dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap siklusnya mencakup
empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 6 Februari 2014. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang
diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif yang meliputi aktivitas
guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara.
Dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Jember, diperoleh aktivitas siswa
keseluruhan pada siklus I sebesar 77,53% dengan kategori aktif, sedangkan pada
siklus II meningkat menjadi 86,98% dengan kategori sangat aktif. Hasil analisis nilai
rata-rata siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan teknik
mind mapping (peta pikiran) pada siklus I mencapai 76,75 dengan persentase
ketuntasan 78,12% dan pada siklus II mencapai 77,78 dengan persentase ketuntasan
87,50%. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar
1,03. Sedangkan, peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I
ke siklus II meningkat sebesar 9,38%.
Secara keseluruhan dilihat dari persentase aktivitas siswa dan guru, model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping pada pokok
bahasan relasi dan fungsi dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat
kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini dikategorikan berhasil, karena
terdapat peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. | en_US |