• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Siswa Kelas X BKJ 2 SMK Negeri 5 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    FLAVIA AURELIA HIDAJAT - 100210101052_1.pdf (418.7Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    Flavia Aurelia Hidajat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap siklusnya mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 6 Februari 2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif yang meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Jember, diperoleh aktivitas siswa keseluruhan pada siklus I sebesar 77,53% dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,98% dengan kategori sangat aktif. Hasil analisis nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping (peta pikiran) pada siklus I mencapai 76,75 dengan persentase ketuntasan 78,12% dan pada siklus II mencapai 77,78 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 1,03. Sedangkan, peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,38%. Secara keseluruhan dilihat dari persentase aktivitas siswa dan guru, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan relasi dan fungsi dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini dikategorikan berhasil, karena terdapat peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58247
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository