Show simple item record

dc.contributor.authorQurrota A’yunin
dc.date.accessioned2014-07-11T06:58:14Z
dc.date.available2014-07-11T06:58:14Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210204143
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58221
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sebelum tindakan persentase aktivitas belajar siswa 33% dengan kategori kurang aktif, pada siklus I 76% dengan kategori aktif, siklus II 86% dengan kategori sangat aktif. Sehingga dari sebelum tindakan ke siklus I mengalami peningkatan 43%, dari siklusi I ke siklus II mengalami peningkatan 10%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, sebelum tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 63 dengan kategori sedang/cukup, pada siklus I sebesar 67 dengan kategori sedang/cukup, pada siklus II sebesar 74 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran untuk guru SD yang mempunyai permasalahan mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran. Untuk pihak sekolah sebaiknya pada pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti model TGT. Untuk peneliti lain diharapkan agar dapat dijadikan masukan bagi penelitiannya, sehingga peneliti lain dapat mengembangkan penelitian yang akan dilakukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204143;
dc.subjectTeams Games Tournament (TGT), Pelajaran IPSen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH DAERAH DALAM MELAWAN PENJAJAH DI SDN RAMBIGUNDAM 02 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record