dc.description.abstract | Jenis penelitian ini
adalah PTK dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi: perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Sebelum tindakan persentase aktivitas belajar siswa 33% dengan kategori
kurang aktif, pada siklus I 76% dengan kategori aktif, siklus II 86% dengan kategori
sangat aktif. Sehingga dari sebelum tindakan ke siklus I mengalami peningkatan
43%, dari siklusi I ke siklus II mengalami peningkatan 10%. Hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan, sebelum tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 63
dengan kategori sedang/cukup, pada siklus I sebesar 67 dengan kategori
sedang/cukup, pada siklus II sebesar 74 dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berjalan dengan
lancar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran untuk
guru SD yang mempunyai permasalahan mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa
dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai alternatif pemilihan
model pembelajaran. Untuk pihak sekolah sebaiknya pada pelaksanaan pembelajaran
IPS menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti
model TGT. Untuk peneliti lain diharapkan agar dapat dijadikan masukan bagi
penelitiannya, sehingga peneliti lain dapat mengembangkan penelitian yang akan
dilakukan. | en_US |