• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan Para Tokoh Daerah dalam Melawan Penjajah di SDN Rambigundam 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Qurrota A'Yunin.pdf (11.25Mb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Qurrota A’yunin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sebelum tindakan persentase aktivitas belajar siswa 33% dengan kategori kurang aktif, pada siklus I 76% dengan kategori aktif, siklus II 86% dengan kategori sangat aktif. Sehingga dari sebelum tindakan ke siklus I mengalami peningkatan 43%, dari siklusi I ke siklus II mengalami peningkatan 10%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, sebelum tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 63 dengan kategori sedang/cukup, pada siklus I sebesar 67 dengan kategori sedang/cukup, pada siklus II sebesar 74 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran untuk guru SD yang mempunyai permasalahan mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran. Untuk pihak sekolah sebaiknya pada pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti model TGT. Untuk peneliti lain diharapkan agar dapat dijadikan masukan bagi penelitiannya, sehingga peneliti lain dapat mengembangkan penelitian yang akan dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58221
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository