• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SEMPU BANYUWANGI TAHUN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    EKA NURMAYANTI - 100210402047_1.pdf (364.9Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    EKA NURMAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan adanya interferensi gramatikal dalam tataran morfologi dan sintaksis yang dilakukan siswa. Pada tataran morfologi interferensi yang dilakukan siswa ialah pemilihan kata yang salah, penggunaan konfiks, penggunaan prefiks ke-, pelesapan prefiks ter-, penggunaan prefiks nasal N-, dan penggunaan sufiks an-. Kemudian interferensi pada tataran sintaksis yang ditemukan pada karangan siswa ialah penggunaan konstruksi di- + dengan + kata benda, penggunaan konstruksi kata benda –nya + kata benda. Terjadinya interferensi yang dilakukan oleh siswa disebabkan oleh tiga faktor yaitu, adanya kontak bahasa Jawa dengan bahasa Indonesia siswa sebagai dwibahasawan, kurang adanya pembiasaan oleh guru dalam penggunaan bahasa Indonesia, dan karakteristik masyarakat Jawa yang premodialis serta disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : faktor lingkungan (keluarga, guru, teman) dan faktor pribadi (terbawanya pola pikir dalam bahasa ibu dan tidak cukupnya kosa kata bahasa kedua yang dikuasai oleh penutur). Kesimpulan penelitian ini adalah pada karangan narasi siswa kelas VII A ditemukan adanya dua bentuk interferensi yaitu interferensi morfologi dan interferensi sintaksis. Interferensi gramatikal yang dilakukan oleh siswa disebabkan adanya kontak bahasa Jawa dan bahasa Indonesia serta kecenderungan guru di sekolah yang kurang membiasakan menggunakan bahasa Indonesia. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan bahan kajian dan wacana untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar. Bagi mahasiswa FKIP, khususnya mahasiswa PBSI hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan rujukan untuk mata kuliah analisis kesalahan berbahasa dan sosiolinguistik. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian lebih lanjut dengan ruang lingkup yang lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58184
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository