PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEORI ATOM BERBASIS COMPUTTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Penilaian ahli atau validitas logic media CAI sebesar 4.18 angka ini
menunjukkan bahwa media CAI tergolong ke dalam kategori media pembelajaran
yang valid. media CAI dapat dikatakan valid dikarenakan nilai validitasnya ada pada
rentang di antara 4 sampai dengan 5 sehingga media CAI ini dapat dikatakan mampu
mengukur apa yang harus diukur dan cukup layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, nilai validitas empiric
media CAI sebesar 4.45 angka ini menunjukkan bahwa media CAI juga tergolong ke
dalam kategori media pembelajaran yang valid. Sedangkan Output Anova
menunjukkan taraf signifikan lebih besar dari α sehingga merupakan bukti kuat
menerima hipotesis nihil (Ho) bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan rerata
hasil belajar pada tiga kelas homogen menggunakan media pembelajaran fisika atom
berbasis CAI dan bukti untuk menyatakan bahwa media pembelajaran CAI reliabel.
Dari ketiga aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa; 1) Media pembelajaran
fisika atom berbasis CAI yang dikembangkan dikategorikan valid secara Logic; 2)
Media pembelajaran fisika atom berbasis CAI yang dikembangkan ini telah melalui
tahap validasi empiric dan dikategorikan valid; 3) Media pembelajaran fisika atom
berbasis CAI yang dikembangkan ini telah diuji reliabilitasnya dan dinyatakan
reliabel.