PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN UNTUK SMP KELAS VIII
Abstract
Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi bahan ajar berbasis
pendekatan CTL dari seluruh validator mencapai 81,79% dengan tingkat validitas
sangat layak atau valid. Uji keterbacaan secara terbatas dilakukan pada 12 siswa
(responden) SMP kelas VIII yang telah mendapatkan materibahan kimia dalam
kehidupan. Sedangkan rata-rata nilai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan bahan ajar
berbasis pendekatan CTL ini adalah 95,31% dimana validitas bahan ajar termasuk
sangat layak (baik). Rata-rata untuk semua aspek penilaian pada angket respon siswa
terhadap pembelajaran dan bahan ajar adalah sebesar 96,52% dimana pembelajaran
dan bahan ajar termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil diatas dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori layak (baik). serta
penggunaan modul siswa disertai video pembelajaran berbasis CTL mampu
meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil respon
siswa bahwa 100% siswa menyatakan berminat menggunakan bahan ajar tersebut.