PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI POKOK BAHASAN CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN.RAMBIPUJI 01 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pembelajaran IPA bagi sebagian besar siswa adalah pembelajaran yang
menyulitkan. Pembelajaran IPA di kelas V SDN Rambipuji 01 selam ini hanya
menggunakan pembelajaran konvensional, dengan guru sebagi pusat
pembelajaran. Selama pembelajaran siswa tidak dilibatkan secara langsung. Siswa
selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk : (1) Untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas V dalam kegiatan pembelajaran pada pokok bahasan
sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Rambipuji 01 dengan cara
mengukur ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambipuji
01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 39 orang
siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai
pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh
observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan
aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur
tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keterlibatan dalam diskusi, mencatat
hasil demonstrasi dan berdiskusi menunjukkan peningkatan. Siklus I aktivitas
belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan kurang aktif dan pada siklus II
meningkat pada kategori aktif dan sangat aktif. Hasil tes esai berdasarkan
penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap
siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 48,7% dan Siklus II porsentase
ketuntasan klasikal sebesar 74,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa
mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi cahaya
dengan metode demonstrasi.