DIKSI DAN GAYA BAHASA TUTURAN MOTIVASI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan meliputi
penggunaan diksi denotatif, konotatif, kata umum, kata khusus, kata populer, dan kata
ilmiah. Penggunaan diksi yang bersifat konotatif atau kiasan lebih banyak digunakan
dengan tujuan menjadikan proses komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan
baik. Gaya bahasa yang ditemukan pada tuturan motivasi guru Bahasa Indonesia
dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Lumajang meliputi klimaks, anti
klimaks, paralelisme, antitesis, dan repetisi. Penggunaan gaya bahasa klimaks
mendominasi proses komunikasi yang dilakukan guru dengan siswa, jika diperhatikan
gaya bahasa klimaks mampu mempengaruhi siswa karena inti dari motivasi yang
disampaikan guru terletak pada akhir gagasan dengan tujuan untuk menekankan inti
dari apa yang disampaikan sebelumnya.