PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DI SDN PANGKEMIRI 1 SIDOARJO
Abstract
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor ratarata
motivasi belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 47,4, meningkat
menjadi 70,96 (kategori tinggi) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat
menjadi 82,84 (kategori sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara
klasikal pada pra siklus sebesar 59,8 sedangkan pada siklus I meningkat menjadi
69,68 (kategori cukup baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 82,24 (kategori
sangat baik).