• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGENAL UNSUR BANGUN DATAR KELAS II SDN LANGKAP 01 BANGSALSARI

    Thumbnail
    View/Open
    Lisaadah.pdf (238.4Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Lisaadah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Apabila pada siklus pertama hasil belajar siswa tergolong tuntas secara keseluruhan maka siklus dihentikan, tetapi apabila belum tuntas maka dapat dilanjutkan pada siklus kedua. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 73,26%, aktivitas siswa dan pada siklus II mencapai 80,21 %. Pembelajaran melalui model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada setiap siklus. Persentse ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 58,33 %. Dan pada siklus II mencapai 83,33 %. Oleh karena persentase aktivitas siswa telah mencapai 75 % dan persentase ketuntasan hasil belajar telah mencapai 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Implementasi pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berjalan lancar, 2) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) mengalami peningkatan, 3) Pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media dan penambahan wawasan terhadap guru-guru SDN Langkap 01 agar pembelajaran menjadi lebih baik dan optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5718
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository