PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN RITEL (RETAIL MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET INDOMARET DI KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini merupakan studi kasus pemasaran ritel pada salah satu pelaku ritel
besar di Indonesia. Penelitian berjudul Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Ritel
(Retail
Marketing Mix)
Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Minimarket
Indomaret di Kota Probolinggo. Objek yang diteliti adalah konsumen yang berbelanja di
Indomaret kota Probolinggo . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung
variabel bauran pemasaran Ritel yang meliputi produk, harga, promosi, layanan, fasilitas fisik
terhadap keputusan pembelian maupun pengaruh tidak langsung terhadap kepuasan konsumen
melalui keputusan pembelian. Tehnik Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling
dengan jumlah responden sebanyak 94 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis
Jalur
(Path Analysis). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran Ritel
yang meliputi produk, harga, promosi, layanan, fasilitas fisik berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Variabel bauran pemasaran Ritel yang meliputi produk, harga, promosi,
layanan, fasilitas fisik dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen.
Collections
- Fakultas Ekonomi [238]