• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI GERAK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    La Ode Abd Rahman.pdf (194.9Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    La Ode Abd Rahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini menunjukan bahawa aktivitas dan hasil belajar meningkat. Situasi dan keadaan sebelum tindakan penelitian dilakukan, siswa cenderung ribut dan berkeliaran dalam kelas, serta siswa jarang bertanya. Analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus 1 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 58.13%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 83.72%, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25.59%, maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 83.72%. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus 1 secara klasikal mencapai 52.5%. Pada siklus 2 secara klasikal mencapai 78.05%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25.55%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 78.05%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi gerak melalui model cooperative learning tipe STAD pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2010-2011. Adapun saran penulis bagi pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini adalah hendaknya melakukan inovasi pembelajaran yang variatif, agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5681
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository