AKTIVITAS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STANDAR NCTM DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA
View/ Open
Date
2014-03-27Author
Arika Indah Kristiana
Susi Setiawani
Suharto
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkuliahan mata kuliah statistika matematika I merupakan salah satu mata kuliah
yang kurang diminati oleh mahasiswa. Mahasiswa merasa mata kuliah ini penuh dengan
pembuktian-pembuktian teorema. Salah satu model pembelajaran yang konstruktivistik
adalah model pembelajaran standar NCTM. Penerapan model pembelajaran standar NCTM
dengan pendekatan Lesson study diharapkan aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan
statistika matematika I akan meningkat. Subyek penelitian adalan 63 mahasiswa yang
menempuh mata kuliah statistika matematika I Program Studi Pendidikan Matematika
tahun akademik 2011/2012. Pelaksanaan lesson study dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus
dengan masing-masing siklus satu pertemuan untuk materi distribusi binomial negatife,
distribusi geometrik, distribusi trinomial dan distribusi hipergeometrik. Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja mahasiswa (LKM) dibuat sesuai dengan
model pembelajaran NCTM yang memuat komponen tugas, wacana, lingkungan belajar
dan analisis. Dari hasil pelaksanaan lesson study dengan 3 siklus, diperoleh aktivitas
mahasiswa sangat tinggi. mahasiswa lebih banyak mengeluarkan ide/pendapat, berani
bertanya, mau menganalisis dan menyelesaikan masalah.