Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Santi
dc.date.accessioned2014-03-27T04:54:47Z
dc.date.available2014-03-27T04:54:47Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM090210101075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56470
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan lingkaran berupa RPP, LKS, Buku Siswa dan THB serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel and Semmel yang dimulai dengan melakukan analisis awal akhir, telaah karakteristik siswa, merinci konsep yang akan diajarkan, menetapkan tujuan pembelajaran , dan merinci tugas yang akan diberikan. Proses pengembangan perangkat dilanjutkan dengan merancang draf perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi, memilih media, melakukan pemilihan format, dan melakukan perancangan awal perangkat pembelajaran. Hasil perancangan pada tahap ini disebut Draft I. Tahap selanjutnya adalah pengembangan yaitu melakukan validasi perangkat oleh para validator serta uji coba perangkat pembelajaran di lapangan. Validasi perangkat dilakukan oleh tiga validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan seorang guru matematika dari SMP Negeri 2 Wuluhan. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Wuluhan pada tanggal 16 - 25 Januari 2014. Setelah melakukan uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran selanjutnya disebut Draft III (perangkat final). Hasil analisis validasi ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika relistik telah memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kriteria kevalidan karena koefisien validitas RPP, LKS, Buku siswa, dan Tes Hasil Belajar berturut-turut adalah 0,89;0,93;0,93;0,89. Memenuhi Kriteria kepraktisan karena pengelolaan pembelajaran oleh guru pada pertemuan 1 dan 2 adalah 91,67% dan 95,83%. Memenuhi kriteria keefektifan karena persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 adalah 82,9% dan 87,5%, lebih dari 80% siswa telah mencapai ketuntasan minimal skor 60, serta lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap komponen yang ditanyakan dalam angket respon siswa. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang layak dan dapat digunakan oleh guru SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada pokok bahasan Lingkaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101075;
dc.subjectMatematika, Bahasan Lingkaranen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record