PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan
produk perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada pendekatan
pembelajaran matematika realistik pokok bahasan lingkaran berupa RPP, LKS, Buku
Siswa dan THB serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat
pembelajaran tersebut. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang
digunakan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel and Semmel yang dimulai
dengan melakukan analisis awal akhir, telaah karakteristik siswa, merinci konsep
yang akan diajarkan, menetapkan tujuan pembelajaran , dan merinci tugas yang akan
diberikan. Proses pengembangan perangkat dilanjutkan dengan merancang draf
perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi, memilih
media, melakukan pemilihan format, dan melakukan perancangan awal perangkat
pembelajaran. Hasil perancangan pada tahap ini disebut Draft I.
Tahap selanjutnya adalah pengembangan yaitu melakukan validasi perangkat
oleh para validator serta uji coba perangkat pembelajaran di lapangan. Validasi
perangkat dilakukan oleh tiga validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika
dan seorang guru matematika dari SMP Negeri 2 Wuluhan. Berdasarkan hasil
penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II
yang layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan di kelas VIII-A SMP Negeri 2
Wuluhan pada tanggal 16 - 25 Januari 2014. Setelah melakukan uji coba lapangan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis untuk mengetahui kepraktisan
dan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang telah
memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran selanjutnya
disebut Draft III (perangkat final).
Hasil analisis validasi ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran matematika relistik telah memenuhi kriteria kelayakan
perangkat pembelajaran yaitu kriteria kevalidan karena koefisien validitas RPP, LKS,
Buku siswa, dan Tes Hasil Belajar berturut-turut adalah 0,89;0,93;0,93;0,89.
Memenuhi Kriteria kepraktisan karena pengelolaan pembelajaran oleh guru pada
pertemuan 1 dan 2 adalah 91,67% dan 95,83%. Memenuhi kriteria keefektifan karena
persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 adalah 82,9% dan 87,5%, lebih
dari 80% siswa telah mencapai ketuntasan minimal skor 60, serta lebih dari 80%
siswa memberikan respon positif terhadap komponen yang ditanyakan dalam angket
respon siswa. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang
telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang layak
dan dapat digunakan oleh guru SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran
matematika pada pokok bahasan Lingkaran