Show simple item record

dc.contributor.authorMila Rahmadani
dc.date.accessioned2014-03-27T02:47:54Z
dc.date.available2014-03-27T02:47:54Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM090210102034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56461
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung (nilai mutlak) >ttabel atau sig.2-tailed (0,021) < α (0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen 74,09 dan kelas kontrol 69,18. Hasil belajar yang baik juga didukung dengan kemampuan siswa mengingat informasi yang telah diterima sebelumnya (retensi). Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung (nilai mutlak) >ttabel atau sig.2-tailed (0,024) < α (0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan retensi hasil belajar pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen 109,74 dan kelas kontrol 104,38. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pemecahan masalahdengan model pembelajaran langsung. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pemecahan masalahdengan model pembelajaranlangsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102034;
dc.subjectCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Lembar Kerja Siswa (LKS)en_US
dc.titleMODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record