• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Mila Rahmadani - 090210102034_1.pdf (126.5Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Mila Rahmadani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung (nilai mutlak) >ttabel atau sig.2-tailed (0,021) < α (0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen 74,09 dan kelas kontrol 69,18. Hasil belajar yang baik juga didukung dengan kemampuan siswa mengingat informasi yang telah diterima sebelumnya (retensi). Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung (nilai mutlak) >ttabel atau sig.2-tailed (0,024) < α (0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan retensi hasil belajar pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen 109,74 dan kelas kontrol 104,38. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pemecahan masalahdengan model pembelajaran langsung. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pemecahan masalahdengan model pembelajaranlangsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56461
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository