Show simple item record

dc.contributor.authorMiftahul Jannah
dc.date.accessioned2014-03-27T02:44:56Z
dc.date.available2014-03-27T02:44:56Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM080210102003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56460
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group time series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, menggunakan persentase respon siswa untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama diperoleh nilai = 8,322 nilai = 1,995 sehingga > Pertemuan kedua = 10,299 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan ketiga = 4,685 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan keempat = 10,842 nilai = 1,995 sehingga > . Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari Berdasarkan analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari tergolong aktif dengan persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar = 78,11%. (3) Respon siswa setelah pembelajaran fisika menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA sangat tinggi sebab hasil persentase respon siswa secara secara klasikal 98,7%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102003;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Lesson Study, Metode Demonstrasien_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY DISERTAI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record