• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL KOOPERATIF STAD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    M. Jamalul Lail - 090210102035_1.pdf (287.3Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Moh. Jamalul Lail
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan metode sampling purposive. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Ambulu Jember. Penentuan responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS V.20 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama. Untuk menjawab rumusan masalah yang kedua digunakan presentase aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisa uji t terhadap hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (Ha diterima H0 ditolak). Hasil analisis data dari ratarata presentase aktivitas secara klasikal diperoleh rata-rata sebesar 72.22%. Jika mengacu pada tabel prentase aktivitas, maka nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 72.22% termasuk kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN Ambulu Jember yang menggunakan model kooperatif STAD berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung dan aktivitas siswa kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif STAD berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) tergolong kategori aktif yaitu sebesar 72.22%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56459
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository