• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 SUMBERSUKO

    Thumbnail
    View/Open
    HERDIAN SETYO PRAYOGI - 080210192037_1.pdf (553.0Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Herdian Setyo Prayogi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, Siklus I, Siklus II dan Siklus III serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan, pada pra Siklus, keterampilan proses sains siswa termasuk pada kategori rendah. Keterampilan proses sains pada siklus I meningkat yaitu pada kategori sedang. Keterampilan proses sains siswa pada Siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada kategori sedang. Sedangkan keterampilan proses sains siswa pada Siklus pemantapan (Siklus III) juga mengalami peningkatan yaitu pada kategori sedang. Data tentang hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada Siklus I, peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada kategori rendah. Pada Siklus II, peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada kategori sedang. Sedangkan pada Siklus pemantapan (Siklus III), peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Sumbersuko.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56454
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15356]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository