PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 SUMBERSUKO
Abstract
Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang
didapatkan adalah keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran yakni pada pra-siklus, Siklus I, Siklus II dan Siklus III serta hasil
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Data tentang keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan, pada
pra Siklus, keterampilan proses sains siswa termasuk pada kategori rendah.
Keterampilan proses sains pada siklus I meningkat yaitu pada kategori sedang.
Keterampilan proses sains siswa pada Siklus II juga mengalami peningkatan yaitu
pada kategori sedang. Sedangkan keterampilan proses sains siswa pada Siklus
pemantapan (Siklus III) juga mengalami peningkatan yaitu pada kategori sedang.
Data tentang hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada Siklus I,
peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada kategori rendah. Pada Siklus II,
peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada kategori sedang.
Sedangkan pada Siklus pemantapan (Siklus III), peningkatan hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada kategori sedang.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan
keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri
1 Sumbersuko.