Show simple item record

dc.contributor.authorJURLIANTI
dc.date.accessioned2013-12-06T06:17:55Z
dc.date.available2013-12-06T06:17:55Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5641
dc.description.abstractAdapun tujuan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pokok bahasan sumber energi bunyi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 03 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari yang hanya mencapai 22,5% pada observasi awal, meningkat menjadi 47,5% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa ini naik mengalami peningkatan menjadi 90% pada siklus 2 seiring dengan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 47,5% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 52,5%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 65% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Ipa kelas IV SD Negeri Gebang 03 Jember. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD juga dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat dan mencerminkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD juga mengalami peningkatan dari ulangan harian dan tes akhir yaitu dari yang hanya sebesar 47,5% menjadi 100%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204054;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar Ipa, Bahasan Energi Bunyi, Cooperative Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 03 TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record