PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM MICROSOFT ACCESS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI AK 2 SMK Darussalam Blokagung Banyuwangi Semester Gasal Tahun 2013/2014 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi/Dokumen ke Dalam Jurnal Khusus)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan, yang dapat
dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata keterampilan belajar
sebesar 2,3 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 2,8
(kategori tinggi). Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,3 (tuntas secara
individual) dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,4 (tuntas
secara individual dan klasikal). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan
media aplikasi komputer akuntansi program microsoft access dapat meningkatkan
keterampilan dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi
SMK Darussalam Blokagung Banyuwangi bahwa, media aplikasi komputer akuntansi
program microsoft access dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran,
yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa
terhadap suatu materi yang diajarkan.