Show simple item record

dc.contributor.authorArie Eka Endraful
dc.date.accessioned2014-03-26T01:22:40Z
dc.date.available2014-03-26T01:22:40Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56346
dc.description.abstractPelaksanaan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04 berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori aktif dengan persentase 64,42%. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 75,19% dengan kategori aktif. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,77%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,72 dan pada siklus II sebesar 70,09 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV pokok bahasan energi panas dan bunyi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebagai inovasi pembelajaran baru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204098;
dc.subjectEnergi Panas dan Bunyi, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI DENGAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS IV SDN SUMBERLESUNG 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record