dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah responden 20 warga belajar yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di program Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Sumber datanya
adalah warga belajar kelas XII Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik perhitungan Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai regresi sebesar 4,296 yang apabila nilai tersebut di ubah dalam bentuk nilai prosentase dengan dikali 100 maka menghasilkan nilai regresi sebesar 43%. Dengan demikian, berarti 43% minat belajar sebagai variabel dependen (Y) dipengaruhi oleh variabel independen (X) yaitu persepsi warga belajar tentang keterampilan mengajar pamong. Kemudian setelah dikonsultasikan pada tabel perhitungan regresi linier sederhana, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001. Dan nilai tersebut dibawah taraf batas signifikan sebesar 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh antara persepsi warga belajar tentang keterampilan mengajar pamong belajar terhadap minat belajar matematika kelas XII paket C SKB Bondowoso Tahun pelajaran 2013-2014. | en_US |