Show simple item record

dc.contributor.authorUmmi Munfarida
dc.date.accessioned2014-03-19T03:51:43Z
dc.date.available2014-03-19T03:51:43Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM090210302068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56031
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Siklus I aktivitas siswa menigkat dengan rincian, indikator mendengarkan memperoleh nilai 63,77%, indikator menulis memperoleh nilai 68,12%, indikator membaca memperoleh nilai 59,42%, indikator mengingat memperoleh nilai 55,07%, indikator berfikir memperoleh nilai 50,72%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai 59,42% dikatakan rendah. Siklus II aktivitas siswa menigkat, indikator mendengarkan memperoleh nilai 69,57%, indikator menulis memperoleh nilai 72,46%, indikator membaca memperoleh nilai 66,67%, indikator mengingat memperoleh nilai 63,77%, indikator berfikir memperoleh nilai 57,97%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus II memperoleh nilai 66,09% dikatakan cukup baik. Siklus III aktivitas siswa menigkat, indikator mendengarkan memperoleh nilai 79,71%, indikator menulis memperoleh nilai 81,16%, indikator membaca memperoleh nilai 75,36%, indikator mengingat memperoleh nilai 68,12%, indikator berfikir memperoleh nilai 65,22%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus III memperoleh nilai 73,91% dikatakan baik. Hasil belajar siswa secara bertahap membaik, siklus I aspek kognitif memperoleh nilai 75,87%, aspek afektif memperoleh nilai 69,28%. Siklus II aspek kognitif memperoleh nilai 77,61%, aspek afektif memperoleh nilai 75,94%. Siklus III aspek kognitif memperoleh nilai 80,65%, aspek afektif memperoleh nilai 78,26%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode regresif dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada siklus I, siklus II dan siklus III. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode regresif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210302068;
dc.subjectPelajaran Sejarah, Metode Regresifen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE REGRESIF PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record