• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE REGRESIF PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Ummi Munfarida_1.pdf (222.9Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Ummi Munfarida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Siklus I aktivitas siswa menigkat dengan rincian, indikator mendengarkan memperoleh nilai 63,77%, indikator menulis memperoleh nilai 68,12%, indikator membaca memperoleh nilai 59,42%, indikator mengingat memperoleh nilai 55,07%, indikator berfikir memperoleh nilai 50,72%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai 59,42% dikatakan rendah. Siklus II aktivitas siswa menigkat, indikator mendengarkan memperoleh nilai 69,57%, indikator menulis memperoleh nilai 72,46%, indikator membaca memperoleh nilai 66,67%, indikator mengingat memperoleh nilai 63,77%, indikator berfikir memperoleh nilai 57,97%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus II memperoleh nilai 66,09% dikatakan cukup baik. Siklus III aktivitas siswa menigkat, indikator mendengarkan memperoleh nilai 79,71%, indikator menulis memperoleh nilai 81,16%, indikator membaca memperoleh nilai 75,36%, indikator mengingat memperoleh nilai 68,12%, indikator berfikir memperoleh nilai 65,22%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa siklus III memperoleh nilai 73,91% dikatakan baik. Hasil belajar siswa secara bertahap membaik, siklus I aspek kognitif memperoleh nilai 75,87%, aspek afektif memperoleh nilai 69,28%. Siklus II aspek kognitif memperoleh nilai 77,61%, aspek afektif memperoleh nilai 75,94%. Siklus III aspek kognitif memperoleh nilai 80,65%, aspek afektif memperoleh nilai 78,26%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode regresif dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada siklus I, siklus II dan siklus III. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode regresif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56031
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository