PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER KELAS XIIA SMA DARUS SHOLAH TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan Problem Posing pokok
bahasan Program Linier kelas XII A SMA Darus Sholah tahun ajaran 2013/2014
berjalan dengan lancar dan baik, serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang
meningkat dari pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Pada pembelajaran siklus I
diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 71,05% dan pada pembelajaran
siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 85,97%. Persentase
aktivitas guru pada pembelajaran siklus I diperoleh 87,5% dan pada pembelajaran
siklus II diperoleh 94,44%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 52,63% meningkat
menjadi 89,47% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa
menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu penerapan
pendekatan Problem Posing.