Show simple item record

dc.contributor.authorINDRA TRIAWAN
dc.date.accessioned2013-12-06T03:08:35Z
dc.date.available2013-12-06T03:08:35Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5552
dc.description.abstractPenelitian dilakukan di SDN Tukum 02 Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 19 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Mei 2011 sampai dengan 27 Mei 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan skor tes. Hasil penilaian pada siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 73,68% (kriteria aktif) dengan 2 siswa tergolong sangat aktif, 12 siswa tergolong aktif dan 5 siswa tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 78,95% (kriteria sangat aktif) dengan 4 siswa tergolong sangat aktif, 11 siswa tergolong aktif dan 4 siswa tergolong kurang aktif. Siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 84,21% (kriteria sangat aktif) dengan rincian 6 siswa tergolong sangat aktif, 10 siswa tergolong aktif dan 3 siswa tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 89,47% dengan rincian 11 siswa tergolong sangat aktif,6 siswa tergolong aktif dan 2 siswa tergolong kurang aktif. Analisis hasil tes akhir siklus I mencapai 84,21% dengan rata-rata skor 74,2 (kriteria tuntas) dengan 16 siswa tergolong tuntas dan 3 siswa tergolong tidak tuntas. Tes akhir siklus II mencapai 89,47% dengan ratarata skor 82,6 dengan 17 siswa tergolong tuntas dan 2 siswa tergolong tidak tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif, menarik minat, dan menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2) pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Diharapkan pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS di kelas sebagai upaya untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204116;
dc.subjectModel STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar IPS, Semangat Kerjaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KERJA PADA SISWA KELAS III SDN TUKUM 02 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record