• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BRAINSTROMING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SUB POKOK BAHASAN PRINSIP DAN FUNGSI MANAJEMEN (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri Balung - Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Wahyu Wibisono_1.pdf (268.0Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Wahyu Wibisono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran Brainstorming merupakan suatu metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas, dengan melontarkan suatu masalah ke kelas oleh guru kemudian siswa menjawab atau menyatakan pendapat, atau komentar sehingga mungkin masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru, atau dapat diartikan pula sebagai suatu cara untuk mendapatkan banyak ide dari sekelompok manusia dalam waktu yang sangat singkat. Semua pendapat atau saran ditampung dulu dengan ditulis di papan tulis atau kertas lebar. Guru tidak boleh mengomentari bahwa pendapat itu benar atau salah, juga tidak perlu disimpulkan, sehingga semua siswa di dalam kelas mendapat giliran, tidak perlu komentar atau evaluasi. Setelah selesai kemudian dikaji oleh guru bersama-sama dengan siswa. Tujuan penggunaan teknik ini ialah untuk menguras habis apa yang dipikirkan para siswa dalam menanggapi masalah yang dilontarkan guru ke kelas tersebut. Adapun langkahlangkah dari metode brainstorming dalam penelitian ini yaitu langkah awal adalah guru menuliskan permasalahan di papan tulis disertai penjelasan tentang masalah tersebut sehingga seluruh siswa memiliki presepsi yang sama. Langkah selanjutnya, guru mempersilahkan siswa menyampaikan gagasannya sebanyak mungkin, siswa bisa menggunakan gagasan siswa lain unuk merangsang gagasanan sendiri, dalam pembelajaran brainstorming siswa diperbolehkan menggunakan gagasan yang aneh, nyleneh, liar, norak, dan berani untuk merangsang gagasan yang lebih baik, dan yang paling penting, jangan ada kritik, sangahan, atau evaluasi, apapun alasannya baik dari guru maupun siswa lain. Setelah sejumlah gagasan diperoleh, langkah berikutnya yang dilakukan oleh guru adalah mengevaluasi kritis terhadap gagasan yang ada, sambil di akhir pembelajaran guru memilih gagasan terbaik yang sesuai dengan permasalan yang dilontarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 semester genap SMA Negeri Balung tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah aktivitas siwa siklus I (pertemuan 1 dan 2) sebesar 61,53% sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) mengalami peningkatan menjadi sebesar 75,78% lebih tinggi bila dibandingkan siklus I, aktivitas belajar siswa siklus II termasuk katagori aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan metode brainstorming. Pada siklus pertama, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan ada 14 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 64,1%. Sedangkan pada siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu metode pembelajaran brainstorming dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5550
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail