dc.description.abstract | Karaoke Keluarga Flamboyan Kediri merupakan usaha yang bergerak di
bidang jasa hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
merupakan penelitian asosiatif kausal, yaitu penelitian yang menghubungkan dua
variabel yang bersifat sebab akibat. Obyek penelitian ini yaitu para pelanggan
Karaoke Keluarga Flamboyan Kediri.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan pelanggan pada Karaoke Keluarga Flamboyan Kediri. Teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan incidental sampling dengan jumlah
responden 100 orang yaitu pelanggan Karaoke Keluarga Flamboyan Kediri. Data
primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden tersebut. Penelitian
dilakukan di Karaoke Kelurga Flamboyan Kediri. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan menggunakan rumus analisis linier berganda dengan bantuan
program SPSS melalui uji F test (simultan) dan uji t (parsial). Nilai masing-masing
koefisien regresi variabel independen dari model regresi diperoleh nilai positif. Hal
ini menggambarkan bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik
(tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance) dan empati (empathy) memiliki pengaruh positif terhadap besarnya
tingkat kepuasan pelanggan, artinya dengan semakin besarnya variabel independen
maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin besar pula.
Hasil uji t menyebutkan variabel daya tanggap dan jaminan memiliki t hitung
lebih dari pada t tabel, sehingga daya tanggap (responsiveness) dan jaminan
(assurance) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Sedangkan variabel bukti fisik (tangible), keandalan (reliability) dan empati
(empathy) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan
karena t hitung ketiga variabel tersebut lebih kecil dari pada nilai t tabel. Berdasarkan
uji F diketahui pengaruh variabel independen yang terdiri dari bukti fisik (tangible),
keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan
empati (empathy) secara simultan berpenaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar
4,815 dan nilai F hitung tersebut lebih besar daripada F tabel. | en_US |