dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di
sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali
digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di
lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan
juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN
Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together
dengan media card sort.
Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar
dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan
Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card
Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/
2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together
dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa
Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam
penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten
ix
Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki
dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. | en_US |