Show simple item record

dc.contributor.authorDimas Prasetia Siwi
dc.date.accessioned2013-12-06T01:47:20Z
dc.date.available2013-12-06T01:47:20Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204241
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5371
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort. Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten ix Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204241;
dc.subjectLearning Together,Media Card Sorten_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record