• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dimas Prasetia Siwi_001.pdf (189.6Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Dimas Prasetia Siwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort. Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten ix Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5371
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository