dc.description.abstract | Sikap merupakan kesiapan seseorang dalam memberikan reaksi terhadap
suatu rangsangan yang berasal dari luar dirinya. Sikap menunjukan pada suatu
yang masih berupa potensi yang sewaktu-waktu dapat mengaktual jika
dihadapkan pada rangsangan-rangsangan tertentu. Sikap kewirausahaan harus
dimiliki oleh generasi muda seperti pelajar karena mereka adalah penerus
pembangunan Negara.
Melalui proses pembelajaran, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilan
berwirausaha seorang siswa dapat ditingkatkan. Seseorang yang memiliki sikap
kewirausahaan tidak suka menggantungkan hidupnya pada orang lain. Pentingnya
strategi pembinaan sikap kewirausahaan bagi para pemuda dan pelajar, sehingga
ada sekolah-sekolah tertentu (SMK) yang sengaja memasukkan pendidikan
kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah sebagai mata pelajaran yang berdiri
sendiri. Sedangkan pada sekolah-sekolah umum seperti SMU, proses pembinaan
kewirausahaan bisa diintegrasikan pada mata pelajaran lain seperti ekonomi.
Sehingga pengambilan keputusan untuk menjadi seorang wirausaha masingmasing
sekolah berbeda karena mereka dari latar belakang keluarga dan sekolah
yang berbeda.
Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan
menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara angket dan
dokumentasi. Jumlah responden yang diambil secara populasi yaitu siswa SMA
Negeri 1 Genteng dan SMK Muhammadiyah 1 Genteng, sedangkan analisis data
menggunakan teknik uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
dapat diketahui bahwa ada perbedaan sikap kewirausahaan antara siswa yang
vii
PRAKATA
Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat serta karunianya, sehingga penulis diberi kekuatan untuk menyelesaikan
proposal skripsi ini dengan judul : “ Perbedaan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA
dan SMK ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Genteng dan
Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Ajaran 20102011)”.
Penyusunan skripsi ini sebagai syarat akhir untuk memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan.
Penyelesaian proposal skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan
berbagai pihak yang sangat berguna bagi penulis. Oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada :
1. Drs. Djoko Widodo, M.M selaku dosen pembimbing akademik yang telah
memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini
2. Prof. Dr. Bambang Hari, P. MA, selaku dosen pembimbing 1 dan Drs.
Pramono AS, Dip. Mgt. St, M.Si, selaku dosen pembimbing 2 yang telah
memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penulisan skripsi ini
3. Seluruh dosen dan karyawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember khususnya Program Studi Pendidikan ekonomi
4. Kepala sekolah dan seluruh guru serta siswa SMA Negeri 1 Genteng dan
siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng yang telah membantu kelancaran
penulisan skripsi ini.
Penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini.
Akhirnya penulis berharap, semoga penyusunan skripsi ini dapat bermanfaat. | en_US |